Karakter dan Skema Box Speaker Planar 18 inch

Daftar Isi

Karakter dan Skema Box Speaker Planar 18 inch - Box speaker planar adalah box yang sangat sederhana. Box ini hanya butuh 1 lembar triplek ukuran 122x244 lebih sedikit. Dengan bahan yang hanya sedikit ini, tentunya akan ringan dari segi biaya dan juga ringan dalam pengangkatannya.

Karakter dan Skema Box Speaker Planar 18 inch

Box ini sudah termasuk kategori Box Speaker Lapangan dan lebih diminati untuk sound system kelas menengah kebawah. Alasannya karena bentuk box ini tidak rumit sehingga gampang dalam pembuatannya.

Sayangnya suara yang dihasilkan juga pas-pasan. Box ini memiliki sebuah keunggulan yaitu lemparan suaranya cukup jauh. Sedangkan suara dilokasi kurang nendang.

Box ini cocok dikawinkan dengan box miniscoop yang suara dilokasi mantap namun lemparannya kurang jauh. Maksud dikawinkan disini bukan skema planar dan skema miniscoop digabungkan, melainkan dalam satu sayap dikasih planar dan miniscoop.

Karakter Box Planar

Karakter box planar cenderung low dan kurang nge-sub. Bisa dikatakan juga low sub. Ini mungkin karena bentuknya yang terlalu sederhana.

Kalau dipaksakan ke sub, maka gler nya kurang horeg walaupun sudah bisa berdendang dengan enak tanpa tambahan box sub. Maklum saja bentuknya sangat sederhana. Kecenderungannya ada di suara dep walaupun tidak nonjok-nonjok amat.

Skema Box Planar 18 Inch

Berikut gambar skema box planar 18 inch:

Ukuran Lengkap Box Speaker Planar 18
Ukuran Lengkap Box Speaker Planar 18

Bagian depan speaker pada box ini langsung kedepan dan tidak menggunakan sistem terompet. Box ini cocok untuk speaker kelas menengah dan rendah dan dengan power rakitan sekalipun suara sudah bisa keluar dengan baik.

Demikianlah gambaran box planar hasil dari pengalaman admin, semoga bermanfaat.