Box Speaker untuk Lapangan

Daftar Isi

Box Speaker untuk Lapangan - Dalam dunia soundsystem, box speaker memiliki peranan sangat penting karena box ini akan memboosting suara yang di ciptakan oleh speaker.

Sebuah box speaker harus sesuai dengan karakter suara yang dikeluarkan oleh speaker. Misalnya speaker untuk nada mid, tentunya speaker nada mid tidak cocok ditaruh pada box speaker low karena box speaker low tidak bisa mengembangkan nada mid.

Box Speaker Lapangan Perlu Desain Khusus

Sebuah sistem sound yang dibunyikan dilapangan (ruangan terbuka) membutuhkan box khusus untuk lapangan. Tidak bisa box rumahan gigunakan untuk lapangan karena suara akan hilang tersedot lokasi yang luas.

Box speaker rumahan bentuknya kotak saja sudah bagus suaranya karena sebenarnya suara sudah dibantu oleh dinding-dinding rumah sehingga suara sudah menggema.

Box rumahan sama halnya dengan box speaker untuk mobil. Ruangan dalam mobil ikut membantu dalam mengembangkan suara yang keluar dari speaker.

BentukBox Speaker Lapangan

Box speaker lapangan yang sesungguhnya adalah box yang bentu

Secara garis besar box speaker untuk lapangan dibuat seperti terompet / horn. Dari ujung kecil kemudian semakin keluar semakin membesar sampai akhirnya dilepaskan.

Box Speaker untuk Lapangan Mirip Terompet
Box Speaker untuk Lapangan Mirip Terompet

Contoh Box Speaker Lapangan

Sebagai contoh coba kita amati salah satu model box speaker untuk lapangan yaitu model hogscoop. Berikut gambarnya:

Alur Box Speaker untuk Lapangan
Alur Box Speaker untuk Lapangan

Box tersebut berbentuk terompet panjang. Untuk efisiensi bentuk, maka dibuatlah berliku-liku agar aslinya tetap panjang. Intinya dari speaker sempit kemudian semakin keluar semakin lebar agar suara mengembang dan akhirnya dilepaskan ke ruang terbuka.

Demikianlah sekilas tentang box speaker untuk lapangan, semoga bisa menjadi referensi untuk box yang pembaca inginkan dan bisa bermanfaat.