Karakter dan Skema Box Speaker CLA 18 Inch

Daftar Isi

Karakter dan Skema Box Speaker CLA 18 Inch - Belakangan ini ramai menjadi tranding tentang box speaker CLA karena sub bass nya yang begitu menonjok di dada. Bahkan kalau 8 biji di tumpuk menjadi satu akan mampu menggetarkan seluruh tubuh serasa tidak menginjak bumi.

Karakter Box CLA 18 Inch

Box tipe cla ini sangat cocok untuk speaker 18 inch. Bisa juga di gunakan untuk box 15 dengan modifikasi ukuran yang sesuai agar dihasilkan suara yang prima.

Box ini memiliki karakternya yang kuat di nada sub. Seperti kita ketahui kalau sub adalah suara gler dengan frekuensi rendah. Memang cukup sulit menciptakan suara gler yang kuat karena kebanyakan suara gler cenderung hanya menggema saja dan kurang padat.

Namun dengan box cla ini suara gler tadi tetap rendah namun nonjok terasa padat. Box cla merupakan pengembangan dari desain box horn loaded. Ini terlihat dari alur nya yang menyerupai corong. Hanya saja dibuat desain sedemikian rupa sehingga suaranya yang dikeluarkan sangat mantap.

Ukuran Box Model CLA

Bagi yang penasaran ingin membuatnya, inilah tabel ukuran dari box cla 18" singgle:

BidangUkuran
Panjang (ke belakang)78 cm
Lebar (ke samping)63,6 cm
Tinggi68 cm

Yang paling penting disini adalah bahan untuk membuat box ini. Multipleknya harus yang bagus dan keras karena akan menahan getaran yang sangat kuat. Direkomendasikan menggunakan multiplek bahan full meranti.

Skema Box CLA 18 Inch

Berikut detail skema beserta ukuran box speaker cla untuk speaker 18 inch:

Skema Box  CLA 18 Inch
Skema Box CLA 18 Inch

Itulah skema box cla 18 yang sudah ada posisi ujkuran-ukurannya untuk mempermudah bagi yang ingin membuat box jenis ini. Berikut gambaran box dengan posisi speaker didalamnya:

Ukuran Box  CLA 18 Inch
Gambar Box CLA 18 Inch

Dari gambar diatas tentunya dapat dilihat kalau memang sebenarnya bentuknya dari membran speaker kedepan berbentuk horn. Jadi kesimpulannya adalah box ini adalah box dengan desain horn loaded tapi tipenya adalah CLA.

Demikianlah artikel tentang karakter dan skema box cla 18 inch. Semoga bermanfaat.