Karakter dan Skema Box Speaker Mid Gadis Caparuni

Karakter dan Skema Box Speaker Mid Gadis Caparuni - Box speaker yang dibari nama GADIS CAPARUNI merupakan box yang berasal dari manado. Box ini model custom atau rakitan sendiri yang saat ini menjadi yang terbaik dari sekian banyak skema box speaker berkarakter middle.

Sebelum box ini menjadi primadona, terlebih dahulu yang terkenal adalah box model TN24. Mungkin karena speaker yang atas kurang sempurna karena terhalang oleh tweeter dan juga pola anginnya yang berada di samping, akhirnya box TN24 menjadi kalah.

Komponen Box Gadis Caparuni

Box gadis caparuni sebenarnya meniru box model TN24. Hanya saja horn tweeter yang ada ditengah speaker bagian atas dipindah ke atas dengan lokasi tersediri sehingga kedua speaker mid dikasih rudal semua.

Dan juga lubang angin TV24 yang tadiya ada di samping speaker dipindan keatas samping-samping horn tweeter. Tentunya ini juga menunjang suara makin lantang karena tidak ter cancel oleh lubang angin box.

Box gadis caparuni terdiri dari 2 buah speaker 12 inch, 1 driver tweeter dan 1 buah horn tweeter. Didalam box juga ada sebuah rangkaian crossover pasif khusus high saja.

Karakter Suara Box Mid Model Gadis Caparuni

Inti utama box gadis caparuni adalah full mid. Suara mid nya sangat luar biasa menonjol kedepan dan mampu lelesat jauh. disamping itu juga mampu meyebar kesamping dan mampu memenuhi lokasi semisal buat jop hajatan.

Selain mid, box ini juga menciptakan nada mod low dan sedikit bass walaupun kurang terasa. Tapi dengan box ini sudah mampu merespon semua frekuensi jika kita menggunakan 2 jenis box saja. tentu saja dengan sistem 3 jalur dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Box sub untuk sub diseting sub low (rekomended menggunakan box NOGOSARI)
  2. Box gadis caparuni diseting mid low sampai mid, dan high (tweeter) dihasilkan crossover pasif yang dipasang dalam box untuk horn yang dipasang di box gadis caparuni.

Bentuk Utama Box Gadis Caparuni

Sebenarnya box ini model custom yang ukurannya bisa menyesuaikan selera kita. Yang penting bagian depan speaker dibuat seperti ini:

Bagian Depan Box Gadis Caparuni
Bagian Depan Box Gadis Caparuni

Inti utama dari box gadis caparuni adalah itu. Dan juga bagian tengah diberi kayu bulat dengan bentuk semacam rudal. Kalau tidak ada seperti ini, Maka tidak bisa dikatakan box gadis caparuni.

Skema Box Mid Gadis Caparuni

Pada artikel ini saya akan bagikan kepada teman-teman semua subuah ukuran box gadis caparuni yang pernah saya buat yang hasilnya sangat bagus sekali. Dan sampai saat ini kalau ada pembuatan saya selalu menggunakan ukuran ini karena sudah sangat cocok.

Berikut ukurannya:

Ukuran Box Gadis Caparuni
Ukuran Box Gadis Caparuni

Gambar diatas adalah penampakan dari depan. Ukuran kebelakang adalah 43 cm total. Bagian belakang masih ada 1 lapis mulitplek. Artinya 43 cm ini sudah termasuk untuk tebal multipleknya.

Keunikannya adalah, dari kedua speaker 12 inch ini keluar 2 buah horn. Namun ternyata 2 horn ini menjadi kesatuan berkekuatan 1 horn dobel yang boostingnya sangat kuat. Ini karena sekat tengah hanya separoh saja sehinggan 2 buah horn ini menjadi 1 boosting.

Berikut gambar dari depan sebelum jadi:

Bagian Depan Sebelum Jadi
Bagian Depan Sebelum Jadi

Setelah seperti itu, maka kita dihadapkan proses yang sangat sulit yaitu memberi lembaran-lembaran yang ukurannya tidak siku agar menjadi rapat kotak bagian dalam kecil semakin keluar semakin lebar.

Bentuk inilah yang menjadikan nada mid terboosting sempurna bisa menyebar kesamping dan melesat jauh kedepan.

Pemasangan speaker harus dari belakang karena jelas tidak bisa kalau speaker dipasang dari depan. Bagian belakang tempat menempel speaker juga sedikit rumit karena speaker tidak langsung ditempelkan ke lubang melainkan di beri bantalan dulu. Berikut gambarnya:

Tempat Menempel Speaker
Tempat Menempel Speaker (bagian dalam)

Seperti itulah skema box gadis caparuni untuk mid dengan 2 buah speaker 12 inc dan 1 horn tweeter. memang cukup sulit membuatnya. Namun hasilnya sangatlah bagus. Semoga bermanfaat, sampai jumpa pada artikel lainnya.

Posting Komentar untuk "Karakter dan Skema Box Speaker Mid Gadis Caparuni"