Cara Membuat Power Ampli TOA Rakitan

Daftar Isi

Cara Membuat Power Ampli TOA Rakitan - Terkadang kita agak bingung kalau dapat orderan tentang ampli toa ini. Mau beli ampli toa asli yang harganya dibawah 1 juta suara kurang lantang, mau beli yang diatas 1 jutaan tapi terlalu mahal, mau buat ampli biasa hasilnya kurang bagus.

Power amplifier untuk corong toa memang berbeda dengan amplifier untuk speaker soundsystem. Ini karena spesifikasi kebutuhan antara corong toa dan speaker soundsystem berbeda.

Apakah kita tidak bisa merakit sendiri power amplifier untuk corong toa? jawabannya tentu saja bisa. Namun kita harus mendesain ampli yang kita buat sesuai kebutuhan corong toa.

Trafo OT Ampli TOA

Semua ampli toa memiliki trafo di bagian akhir penguatnya. Trafo ini biasa disebut trafo OT. Kinerja trafo ini hampir sama dengan trafo listrik namun diameter kabel dan lilitannya berbeda.

Trafo OT inilah yang memegang peranan sangat penting dalam pengolahan arus suara yang akan disambungkan ke corong toa.

Membuat Sendiri Ampli TOA

Tadi sudah saya sebutkan kalau mau membuat power amplifier untuk toa harus berbeda dengan power ampli biasa.

Untuk membuat sendiri ampli toa caranya cukup mudah, yaitu kita tinggal membuat ampli biasa dengan daya sekitar 150 watt atau lebih. Bisa jenis ocl atau lainnya. Namun saya sangan merekomendasikan menggunakan power apex b500.

Alasannya adalah karena suara dari power apx b500 sangatlah jernih. Teruama di mid nya

Untuk trafo power bisa menyesuaikan dengan jumlah toa yang akan digunakan. Jika untuk mengangkat 2 buat corong toa, maka bisa menggunakan trafo 5 amper ct 32 volt biasa. Namun jika untuk mengangkat 4 buah corong toa, minimal pakai trafo 5 amper ERA atau 5 amper murni.

Trafo 5 amper murni ini juga bisa untuk mengangkat 2 buah corong saja, tentunya suara yang dihasilkan akan lebih lantang daripada menggunakan trafo 5 amper biasa.

Namun tidak sebatas ampli ini saja, ampli yang sudah jadi harus disambungkan ke trafo ot terlebih dahulu. Trafo OT inilah yang akan meredam dan menetralisir kelebihan nada bass dan treble.

Karena bass ini akan merusak spul toa dan treble akan menjadikan suara kurang lantang dan jernih.

Menyambungkan Amplifier Biasa Ke Trafo OT

Kita tidak perlu bingung mendapatkan trafo OT ini karena sekarang banyak dijual di pasaran. Bisa menggunakan trafo OT yang 100 wat atau lebih. Tapi pakai 100 watt ini sudah cukup bagus, keras dan lantang.

Jika anda membutuhkan trafo TO toa yang khusus untuk power ampilifier rakitan bisa langsung menuju Trafo OT 100 watt merk nelc.

Penyambungan cukup mudah. Berikut gambarnya:

Menyambung Ampli Ke Trafo OT
Menyambung Ampli Ke Trafo OT


Cukup seperti itu cara menyambungkan trafo ot ke ampli biasa. Demikianlah artikel tentang cara merakit power amplifier khusus untuk corong toa. Semoga bermanfaat