Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutor Merakit Amplifier Khusus Corong TOA Lengkap

Cara Merakit Amplifier Khusus Corong TOA - Terkadang kita agak bingung kalau dapat orderan tentang ampli toa ini. Mau beli ampli toa asli yang harganya 700 ribuan suara kurang lantang, mau beli yang diatas 1 jutaan tapi terlalu mahal, mau baut ampli biasa beresiko corong toa cepat mati.

Power amplifier untuk corong atau horn toa memang berbeda dengan amplifier untuk speaker soundsystem. Ini karena spesifikasi kebutuhan antara corong toa dan speaker soundsystem memang berbeda.

Apakah kita tidak bisa merakit sendiri power amplifier untuk corong toa? jawabannya tentu saja bisa. Namun kita harus mendesain ampli yang kita buat sesuai kebutuhan corong toa.

Ciri Khas Power amplifier TOA

Semua ampli toa memiliki trafo di bagian akhir penguatnya. Trafo ini biasa disebut trafo OT. Kinerja trafo ini hampir sama dengan trafo listrik namun diameter kabel dan lilitannya berbeda.

Trafo OT inilah yang memegang peranan sangat penting dalam pengolahan arus suara yang akan disambungkan ke corong toa.

Merakit Sendiri Amplifier Untuk Corong TOA

Tadi sudah saya sebutkan kalau mau membuat power amplifier untuk toa harus berbeda dengan power amplifier biasa.

Untuk membuat sendiri amplifier toa caranya cukup mudah, yaitu kita tinggal membuat amplifier biasa dengan daya sekitar 150 sampai 300 watt. Bisa jenis ocl atau lainnya. Namun saya sangan merekomendasikan menggunakan power apex b500.

Untuk trafo power bisa menyesuaikan dengan jumlah toa yang akan digunakan. Jika untuk mengangkat 2 buat corong toa, maka bisa menggunakan trafo 5 amper ct 32 volt biasa. Namun jika untuk mengangkat 4 buah corong toa, minimal pakai trafo 5 amper ERA atau 5 amper murni.

Trafo 5 amper murni ini juga bisa untuk mengangkat 2 buah corong saja, tentunya suara yang dihasilkan akan lebih lantang daripada menggunakan trafo 5 amper biasa.

Namun tidak sebatas ampli ini saja melainkan setelah ampli harus disambungkan ke trafo ot terlebih dahulu. Trafo OT inilah yang akan meredam dan menetralisir kelebihan nada bass dan treble.

Karena bass ini akan merusak spul toa dan treble akan menjadikan suara kurang lantang dan jernih.

Menyambungkan Amplifier Biasa Ke Trafo OT

Kita tidak perlu bingung mendapatkan trafo OT ini karena sekarang banyak dijual di pasaran. Bisa menggunakan trafo OT yang 100 wat atau lebih. Tapi pakai 100 watt ini sudah cukup bagus, keras dan lantang.

Penyambungan cukup mudah. Berikut gambarnya:

Menyambung Ampli Ke Trafo OT
Menyambung Ampli Ke Trafo OT


Cukup seperti itu cara menyambungkan trafo ot ke ampli biasa. Demikianlah artikel tentang cara merakit power amplifier khusus untuk corong toa. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Tutor Merakit Amplifier Khusus Corong TOA Lengkap"

Berlangganan via Email