Cara Merakit Power Amplifier Apex B500

Cara Merakit Power Amplifier Apex B500 - Power amplifier apex b500 sebenarnya adalah power built up dari serbia. Karena rangkaiannya dapat dibilang cukup sederhana, maka di indonesia banyak yang merakitnya sendiri. Walaupun mungkin hasilnya tak sebagus yang aslinya karena komponen yang digunakan seadanya saja dengan kualitas standar.

Apex b500 termasuk dalam ampli kelas ab. Berdaya 500 watt. Cocok digunakan untuk sound lapangan. Mungkin terlalu bagus untuk kelas rumahan. Hasil suaranya lumayan jernih dan detail. Untuk soundsystem, cocoknya untuk nada mid atau high. Kurang cocok untuk sub karena hanya mengedepankan kejernihan dan tendangan bass nya kurang kuat.

Jika berminat, anda bisa merangkainya sendiri. Kalau mau total membuat sendiri silahkan mencari skemanya banyak di share di internet. Namun saya rasa akan ribet kalau merangkai sendiri secara total. Lebih baik kita beli drivernya, tr final, heatsink, trafo, elko, dioda dan kemudian baru dirangkai sendiri.


Untuk drivernya kita bisa membeli di toko elektronik. Sebagian besar toko komponen elektronik menyediakan driver apex b500 ini. Ada yang sudah dengan transistor final dan ada yang belum ada transistornya. Yang penting kita butuh drivernya saja karena biasanya di pcb nya ada yang hanya untuk 2 set transistor dan ada yang untuk 4 set transistor. Kalau hanya ada 2 set transistor kita tetap harus pasang 4 set, 2 set lainnya bisa kita pasang sendiri dengan menambah rasistor balok.

Kit Apex B500

Kalau kita susah mendapatkannya di toko elektronik terdekat, kita bisa bisa memesannya di toko online karena sekarang juga sudah tersedia di toko online dengan berbagai model. Kita tinggal memilih saja.


Kebutuhan suplai asli dari driver ini adalah 55 volt, namun kalau susah mencari trafo dengan voltase 55 volt kita bisa menggunakan voltase 32 volt atau 45 volt suaranya sudah oke. Untuk soundsystem gunakanlah trafo 15 atau 20 amper, minimal elkonya 4 biji 10.000uf/80v atau 100v. Syukur-syukur pakai 6 atau 8 biji. Untuk rumahan kita bisa menggunakan trafo 5 amper saja yang tidak murni dan elko 10.000uf 2 biji. Suaranya sudah jos jernih.

Jangan lupa untuk soundsystem elkonya beli yang agak bagus. Paling tidak harga 50 ribu per biji. Elko ini sangatlah penting untuk mendapatkan suara yang jernih walaupun ketika volume tinggi. Kalau untuk rumahan sih pakai elko sembarang juga tidak apa-apa.

Transistor asli untuk power apex b500 ini adalah 2SC5200 dan 2SA1943. Tetapi tidak harus menggunakan transistor dengan seri tersebut. Bisa pakai seri lain asalkan tipenya sama. Yang penting transistornya kuat perkasa tidak gampang mati dengan amper dan voltase tinggi.

Seperti itulah Cara Merakit Power Amplifier Apex B500. Power amplifier kelas profesional untuk soundsystem. Semoga beranfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merakit Power Amplifier Apex B500"

Posting Komentar

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel