Cara Mengatasi Wifi Hotspot Mixer Behringer X Air Yang Sering Putus Koneksi

Daftar Isi

Cara Mengatasi Wifi Hotspot Mixer Behringer X Air Yang Sering Putus Koneksi - Mixer behringer x air adalah mixer digital dengan harga yang cukup murah. Walaupun harganya murah, namun hasil suaranya sangat luar biasa bagus ketimbang mixer analog.

Mixer Behringer X Air XR12
Mixer Behringer X Air XR12

Mixer ini juga memiliki segudang fitur seperti ditiap chanelnya sudah dilengkapi dengan gate dan kompressor, parametrix equalizer, 4 buah effect, aux, dan usb untuk merekam atau memutar musik.

Tipe-tipe Mixer Behringer X Air

Mixer behringer x air ini memiliki 3 tipe yaitu:

  1. Behringer X Air XR12
  2. Behringer X Air XR16
  3. Benringer X Air XR18

Ketiganya bisa dikatakan hampir sama persis baik cara kerja dan fitur-fiturnya. Yang membedakan adalah jumlah chanelnya. Behringer x air xr12 memiliki 12 channel dan 2 aux, behringer x air xr16 memiliki 16 channel dan 4 aux, behringer x air xr18 memiliki 18 channel dan 6 aux.

Koneksi Pengaturan Mixer Behringer X Air

Mixer behringer x air hanya berbentuk kotak dengan soket-soket tanpa ada knop-knop potenso untuk mengatur mixer. Untuk mengatur mixer ini dibutuhkan aplikasi dari alat lain seperti komputer/laptop atau hp.

Untuk menghubungkan mixer ke laptop atau hp, mixer ini dilengkapi dengan 3 cara yaitu:

  1. Acces Point. Bekerja dengan cara mixer memancarkan wifi hotspot. Kemudian laptop atau hp dikonekkkan ke hotspot ini. Maka laptop atau hp bisa mengatur mixer.
  2. Wifi Client. Bekerja dengan cara menerima wifi hotspot. Laptop atau hp dibuat memancarkan wifi seperti tetring, mixer diseting sesuai nama dan password tetring dari laptop atau hp. Setelah terkonek, maka laptop atau hp bisa mengatur mixer.
  3. Ethernet. Yang ini membutuhkan kabel. Ethernet bisa disambungkan langsung ke soket lan di laptop atau router. Maka laptot atau hp yang terkonek ke router bisa mengatur mixer.

Kekurangan mixer Behringer X Air

Mixer behringer x air memang sangat luar biasa. Sangat istimewa untuk sounsystem kelas jenagan menegah. Mixer ini bisa dikatakan hampir sempurna layaknya mixer digital profesional.

Sayangnya mixer ini memiliki  satu kekurangan yaitu koneksi pengaturan mixer yang menggunakan acces point dan wifi client sering putus. Hal ini bisa membuat stres operator karena putusnya sering terjadi disaat live acara.

Sedangankan jika koneksi menggunakan ethernet tidak pernah terjadi putus koneksi. Sayangnya jika menggunakan kabel lan sangatlah tidak praktis dan tidak bisa dikonekkan menggunakan hp.

Cara Mengatasi Wifi Hotspot Mixer Behringer X Air Yang Sering Putus Koneksi

Diatas sudah disinggung tentang kekurangan mixer benringer x air yang sering putus koneksi. Sementara jika menggunakan ethernet, koneksi tidak putus. Sayangnya penggunaan kabel dirasa tidak praktis.

Agar pengoperasian mixer behringer x air tetap menggunakan wifi hotspot dan tidak terjadi putus koneksi, kita bisa menggunakan router eksternal. Dengan router tersendiri, maka pengoperasian mixer tetap menggunakan wifi dan tidak terjadi putus koneksi.

Video Mengatasi Wifi Hotspot Mixer Behringer X Air Putus Koneksi

Penyambungan mixer behringer x air ke router sudah saya rangkum dalam sebuah video. Bagi yang membutuhkan tutornya bisa menyimak dalam video. Berikut videonya:

Demikianlah artikel tentang mixer behringer ripe x air yang sering terjadi putus koneksi dan cara mengatasi putus koneksi tersebut. Somoga bisa dipahami dan bermanfaat.

Posting Komentar