Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Speaker Tipe Full Range dan Tipe Spesifik

KreasiKita.id - Speaker atau terkadang disebut juga transducer adalah adalah sebuah komponen dalam tata soundsystem yang berfungsi merubah gelombang elektromagnet menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga kita.

Kalau berbicara tentang full range dan spesifik pada speaker, tentunya tidak lepas dari hasil kekerasan suara yang keluar dari speaker atau sering disebut spl (sound pressure level).

Spl atau tekanan suara yang keluar dari speaker dan mengena ke kita itu tenaganya berbeda-beda dari setiap jenis receiver karena sebuah speaker dirancang memiliki kekuatan suara yang berbeda-beda.

Speaker Tipe Full Range

Secara umum frekuensi suara yang keluar dari speaker itu berada di range 20 hz sampai 20khz. Tidak mungkin sebuah speaker dibuat dengan kemampuan bisa merespon semua frekuensi dengan spl yang rata.

Full Range Speaker
Full Range Respon Speaker

Jadi speaker dengan tipe full range adalah spekaer yang dirancang mampu mengeluarkan suara di hampir semua frekuensi.

Kelebihan Speaker Full Range

Speaker dengan tipe full range memiliki kelebihan yaitu memudahkan pengguna dalam mengatur tata soundsystem karena tidak perlu repot-repot membagi input frekuensi baik dari asesoris maupun setelah power amplifier.

Kekurangan Speaker Full Range

Sedangkan kekurangan speaker full range adalah hasil suara terutama di spl nya atau tekanan suaranya kurang kuat karena dibagi merata ke semua frekuensi.

Speaker Tipe Spesifik

Speaker dengan tipe spesifik adalah speaker yang dirancang bekerja di range frekuensi tertentu. Misalnya di frekuensi sub, low, low mid, mid, midh high, dan high.

Speaker ini hanya akan mengeluarkan spl suara di frekunsi sesauai rangcangannya. Misalnya spekaer dengan range low. Jika speaker ini diberi frekuensi sub atau mid high maka suara yang keluar kurang keras.

Bahkan jika diberi frekuensi mid atau mid high atau high maka suara yang keluar nyaris tidak terdengar karena memang rancangannya untuk nada di frekuensi low.

Kelebihan Speaker Tipe Spesifik

Karena hanya spesifik atau terfokus di range tertentu, maka suara yang dihasilkan sangat keras dan jernih. Ini karena speakernya tidak perlu mengeluarkan suara alain kecuali hanya mengeluarkan suara pada range nya saja.

Kekurangan Speaker Tipe Spesifik

Sedangkan kekurangan speaker dengan tipe spesifik adalah di penataan soundsystem tentunya lebih sulit dan biaya juga lebih besar karena membutuhkan crossover dan power amplifiaernya juga lebih banyak.

Demikianlah artikel tentang pemahaman speaker tipe full range dan speaker tipe spesifik. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Memahami Speaker Tipe Full Range dan Tipe Spesifik"

Berlangganan via Email