Cara Memasang Mesin TV LED Universal

Cara Memasang Mesin TV LED Universal - Teknologi semakin bekembang. Kalau dulu orang takut membeli tv led. Karena kalau rusak, perbaikannya susah. Ini karena sparepart atau suku cadang memang masih susah dicari.

Seiring berjalannya waktu, suku cadang tv lcd atau led semakin mudah didapatkan. Bahkan dengan harga yang lebih murah daripada suku cadang tv tabung. Ini karena kinerja komponen tv led lebih ringan daripada tv tabung.

Contohnya mainboard mesin tv universal. Harga untuk tv led sekitar 150 ribu. Sedangkan mainboard tv tabung sekitar 250 ribu. Selisihnya cukup jauh.

Cara Memasang Mesin TV Led Universal

Jika anda ingin mengganti mesin tv led universal, saya sarankan minimal membeli mesin tv + remot. Tujuannya untuk mempermudah pemasangan karena tombol-tombol panel aslinya belum tentu sesuai dengan yang untuk mesin tv universal.

Artikel kali ini akan membahas tentang cara memasang mesin tv atau mainboard tv lcd atau led universal.

Memasang Suplai Tegangan

Mesin tv universal membutuhkan tegangan suplai 12volt. Bentuk slotnya ada 2 yaitu tancapan seperti charger dan soket. Berikut gambarnya:

Sambungan Suplai Tegangan
Sambungan Suplai Tegangan

Silahkan pilih salah satu. Jika soket pada tv aslinya berbentuk seperti pada gambar, maka kita tinggal tancapkan saja karena soket ini bukan hanya berisi suplai 12 volt namun juga berisi driver untuk backlight.

Memasang LVDS

LVDS adalah sambungan dari mainboadr mesin tv ke tcon. Umumnya kabel lvds bentuk soketnya hampir sama. Hanya terkadang ada perbedaan sedikit di suplai tegangannya.

Kabel lvds terdiri dari beberapa kabel. Intinya adalah kabel merah dan hitam harus sesuai. Kabel merah terdiri dari beberapa helai yang intinya sama yaitu untuk suplai tengangan ke tcon. Jika ada perbedaan silahkan disesuaikan.

Kabel hitam adalah untuk ground. Terdiri dari beberapa helai juga. Jangan sampai salah antara kabel merah dan hitam ini karena bisa mengakibatkan konslet.

Selain kabel merah dan hitan, ada 5 helai kabel biru dan 5 helai kabel putih. kabel biru dan putih digunakan untuk jalur video.

Intinya pemasangan jangan sampai kebalik pinnya. Kabel merah harus menancap pada pin 1.

Pin 1 pada Kabel LVDS
Pin 1 pada Kabel LVDS

Memasag Jumper Tegangan Untuk TCon

Pada mainboard lcd/led tv baik mesin asli bawaan atau mesin universal terdapat jumper yang berguna untuk mengatur suplai tegangan ke tcon. Sesuaikan jumper ini dengan kebutuhan suplai untuk tcon.

Lihat saja jumper pada mesin tv yang akan diganti. Sesuaikan apakah menggunakan suplai 3,3v atau 5v, atau 12v.


Pengaturan Suplai Tengangan Untuk TCon
Pengaturan Suplai Tengangan Untuk TCon

Memasang Sensor Remot

Yang terakhir adalah memasang sensor remot. Minimal anda harus menyambung 4 kabel agar dengan mudah mengoperasikan tv nantinya. 4 kabel ini adalah:

  1. Suplai 5 Volt
  2. Ground
  3. IR
  4. Red
Sambungan Sensor Remot
Sambungan Sensor Remot

5 volt dan ground berfungsi untuk suplai tegangan ke sensor remot. Red berguna untuk lampu led. Jika dinyalakan maka lampu red akan menyala tetapi masih dalam posisi stanby. Ketika kita pencet power pada remot, maka lampu red ini akan mati sebagai tanda kalau tv sudah menyala.

Demikianlah artikel tentang cara memasang mesin tv lcd atau led universal. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Mesin TV LED Universal"