Mengganti Flyback FCM14b014 pada TV Polytron, dan Digitek

Mengganti Flyback FCM14b014 pada TV Polytron, Digitek, Okey

Mengganti Flyback FCM14b014 pada TV Polytron dan Digitek, -  Pada dasarnya sistem kerja flybek tv adalah sama. yaitu satu kumparan Primer dan beberapa kumparan sekunder. kumparan primer berfungsi sebagai pencipta medan magnet pada inti ferit.

sedangkan kumparan sekunder berfungsi sebagai penerima medan magnet yang kemudian diubah menjadi tegangan arus voltase untuk digunakan sebagai catu daya IC vertikal, menghidupkah heater, Suplai penguat Video, suplai tabung CRT, Screen, Focus, ABL, AFC, dll. pada kesempatan ini penulis akan mencoba berbagi pengalaman dengan para pembaca semua tentang Flyback FCM14b014 yang digunakan pada TV Polytron, Digitek dan Oke.

Dulu saya pernah dapat pasien dengan tv polytron yang flybeknya dengan seri FCM14b014 jebol. waktu itu flybeknya saya beliin seharga Rp. 70.000,- dan saya ganti dan selesailah pekerjaan. nah, saya dapet lagi kasus sama.  saya beliin flybeknya. yang sekarang harganya Rp. 40.000,-. saya pasangin, waktu saya tes tv bisa nyala, tapi hanya gambar berbintik saja dan osd-nya gak muncul. saya colokin antena gambarnyapun normal, tapi osd-nya tetep gak ada. layar birupun tak mau muncul.

saya coba-coba eksperimen dengan mengetes kaki-kaki flybek tersebut dan hasilnya semua kaki arusnya normal. setengah hari saya utak-atik namun hasilnya nihil. tapi saya punya keyakinan kalau yang bermasalah adalah bagian singkron horisontal ke IC program, kalau bukan itu ya singkron IC vertikal  ke IC program.

saya cek singkron Vertikal hasilnya bagus. tidak salah lagi pasti singkron horisontal yang bermasalah karena dari awal yang rusak flybeknya. Kemudian Singkron Horisontal saya buatkan sendiri dan selesailah pekerjaan saya

Posting Komentar untuk "Mengganti Flyback FCM14b014 pada TV Polytron, dan Digitek"