Definisi Sound System Jenangan

Daftar Isi
Definisi Sound System Jenangan - Istilah sound jenangan umum di masyarakat untuk menyebut sound system yang biasa di sewa untuk acara hajatan atau pesta kecil-kecilan.

Kata jenangan yang berasal dari suku kata jenang adalah makanan wajib bagi masyarakay jawa dalam acara hajatan pesta pernikahan atau khitanan.

  1. Definisi Sound Jenangan
  2. Sound jenangan adalah sebuah kelas sound tingkat pemula yang merakit atau mebuat usaha di bidang sound system. Sound ini merupakan langkah awal dalam usaha tata sound system karena biasanya sebuah usaha tentunya makin lama makin meningkat.


    Sound jenangan tentunya terdiri dari 1 set sound system yang sudah komplit mulai dari mikrofon, mixer, asesoris, power amplifier, dan speaker.

    Sound ini berbeda dengan sound kelas rt yang biasa digunakan untuk rapat rt, lomba tingkat rt, dan acara kenduri.

    Untuk sound rt biasanya hanya menggunakan speaker aktif saja dengan 2 mikrofon ataupun mixer kecil dengan ampli dan speaker.

  3. Peralatan Sound Jenangan
  4. Sund jenangan adalah sound kelas hajatan, maka peralatnnya juga terbatas. Biasa digunakan untuk memutar musik-musik mp3 atau video clip.

    Terkadang juga untuk acara live seperti orgen tunggal, orkes kecil-kecilan yang membutuhkan microphone tidak terlalu banyak.

  5. Batasan-batasan Sound Jenangan
  6. Karena sound jenangan adalah sound tingkat pemula tentunya memiliki batasan-batasan tertentu.


    Bisa menggunakan perangkat builtup (buatan pabrik) ataupun rakitan sendiri seperti mixer, power amplifier, box speaker dan lain-lain.

    Jika sebuah sound system sudah menggunakan line array, mixer digital dengan chanel banyak, kapasitas watt nya besar diatas 10.000 watt, dan lain-lain tentunya sudah tidak bisa dikatakan sound jenangan melainkan sound profesional.
Demikianlah artikel tentang definisi sound systen kelas jenangan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar