Yang Diutamakan Dalam Membuat Sound System

Yang Diutamakan Dalam Membuat Sound System - Sound system adalah rangkaian tata suara yang berfungsi untuk menguatkan suara agar bisa keras dan bisa menjangkau jarak yang lebih jauh agar banyak orang yang bisa mendengarnya. Suara yang di keraskan ini bisa berupa vokal atau musik atau lainnya.

Namun sebenarnya yang namanya soundsystem bukan hanya sekedar mengeraskan suara, lebih spesifik hasil suara yang dikeraskan bisa lebih clarity (bersih/jernih), menonjok, dan enak didengar. Kalau sekedar suara keras, jauh, dan bisa didengar banyak orang saya rasa memakai corong toa saja sudah cukup.

Sound system terdiri dari mic, mixer, asesoris, power amplifier, speaker, dan pelengkap lainnya seperti arus listrik, kabel-kabel dan lain-lain.

Agar mencapai terbentuknya suara yang diinginkan, perakngat-perangkat diatas harus seimbang dan saling ada kecocokan. Jika tidak, maka akan terjadi distorsi atau cacat suara ataupun peralatan mudah rusak. Itu sebabnya sebuah soundsystem memiliki tingkatan-tingkatan tertentu sesuai target.

Jika modal kita banyak, tentunya tidak sulit untuk menentukan dalam membeli peralatan-peralatan soundsystem kita karena kita bisa memilih model builtup. Namun jika modal kita hanya pas-pasan, tentunya kita harus jeli dalam menentukan peralatan yang kita beli dan kita rangkai sendiri agar hasilnya bisa efisien.

Sebelumnya minta maaf, mungkin tiap orang beda-beda versi dan di artikel ini adalah versi saya.

Yang paling utama adalah pemilihan speaker. Kelas speaker yang kita gunakan harus tertarget. Misalnya untuk kelas jenangan tarif rendah, menengah, atau atas. Keluaran suara dari spekaer ini sangat terasa sekali bedanya. Kita jangan mencampur aduk tipe-tipe dari speaker. Misalkan untuk low pakai speaker mahal dan mid high memakai speaker kelas biasa. Nantinya suara tidak seimbang.

Jangan lupa pilihlah speaker yang spesifik di frekuensi tertentu. Misalnya speaker bass, mid, dan high. Jangan memakai speaker yang full range karena kurang bagus untuk lapangan.

Speaker ini sama sekali tidak bisa kita akali misalnya membuat sediri atau kita modif. Misalnya speaker kelas menengah daun speaker nya kita ganti dengan yang bagus. Hasilnya bukan semakin baik malah semakin buruk. Speaker yang mati spulnya dan kita spul ulang saja suaranya sedikit dibawah spulan aslinya.

Untuk box speaker bisa kita buat sendiri untuk menghemat biaya. Banyak skema-skema dan ukuran box speaker di internet. Tinggal sesuaikan saja dengan selera kita.

Yang kedua adalah mixer. Mixer ini ada yang kelas rangkaian sendiri (mixer jowo), mixer builtup kelas rendah, menegah dan atas. Kalau bisa usahakan tidak memakai mixer builtup kelas rendah. Sekarang ini banyak mixer bermerek yang ternyata kw. Kalau dana belum mencukupi ya bisa pakai mixer jowo dulu. Setelah ada dana baru beli mixer builtup yang agak bagus.

Mixer built up kw hasil suaranya beda tipis dengan mixer jowo.

Yang ketiga Power Amplifier. Power amplifier yang paling mahal adalah yang untuk bas/sub. power  ini memang harus perkasa karena memang kerjanya berat. Untuk power merakit sendiri juga bisa asalkan anda sudah paham dengan sistem arus suara. Kalau built up memang harganya menggila. Sebuah power builtup ada yang harganya diatas 50 juta.

Yang keempat adalah asesoris. Untuk sound system, minimal ada asesoris crosover. Crosover ini membagi nada low, mid, dan high. Bisa menggunakan crosover atau memanfaatkan equalizer sebagai crosover dengan cara misalnya untul low maka disetel yang dibuka low saja. Sedang mid high ditutup.

Berbeda dengan sound rumahan yang daya nya kecil, sound system lapangan menggunakan daya yang cukup besar. Jika tidak di crosover maka speaker untuk mid high cepat mati. Paling untuk memainkan satu lagu saja sudah terbakar karena kemasukan bass.

Setelah crosover ada barulah bisa ditambah equalizer, efek, compressor dan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel