Yang Diutamakan Dalam Membuat Sound System

Daftar Isi

Yang Diutamakan Dalam Membuat Sound System - Sound system adalah rangkaian tata suara yang berfungsi untuk menguatkan suara agar bisa keras dan menjangkau jarak yang lebih jauh agar banyak orang yang bisa mendengarnya. Suara yang di keraskan ini bisa berupa vokal atau musik atau lainnya.

Namun sebenarnya yang namanya soundsystem bukan hanya sekedar mengeraskan suara, lebih spesifik hasil suara yang dikeraskan bisa lebih clarity (bersih/jernih), menonjok, dan enak didengar. Kalau sekedar suara keras, jauh, dan bisa didengar banyak orang saya rasa memakai corong toa saja sudah cukup.

Peralatan Soundsystem

Alur suara soundsystem dimulai dari mic, kemudian masuk ke mixer, kemudian ke asesoris, kemudian ke power amplifier, dan kemudian masuk kespeaker. Speaker inilah yang mengeluarkan suara.

Agar mencapai terbentuknya suara yang diinginkan, perakngat-perangkat diatas harus seimbang dan saling ada kecocokan. Jika tidak, maka akan terjadi distorsi atau cacat suara ataupun peralatan mudah rusak. Itu sebabnya sebuah soundsystem memiliki tingkatan-tingkatan tertentu sesuai target.

Jika modal kita banyak, tentunya tidak sulit untuk menentukan dalam membeli peralatan-peralatan soundsystem kita karena kita bisa memilih model builtup. Namun jika modal kita hanya pas-pasan, tentunya kita harus jeli dalam menentukan peralatan yang kita beli agar hasilnya bisa efisien.

Yang Diutamakan Dalam Membuat Sound System

Berikut gambaran peralatan mana yang lebih penting daripada peralatan lain:

  1. Yang paling penting adalah genset. Hal ini mutlak harus bagus keluaran arus dan ampernya. Karena kartu mati sebuah soundsystem ada di kemampuan listriknya.
  2. Yang kedua adalah kabel. Kabel ini sangatlah penting karena kabel ini menghantarkan gelombang-gelombang listrik ke berbagai perangkat. Jika kabelnya jelek, maka perangkat yang bagus dan mahal akan sia-sia karena suaranya akan hilang di kabel.
  3. Yang ketiga adalah speaker. Kelas speaker yang kita gunakan harus tertarget. Misalnya untuk kelas jenangan tarif rendah, menengah, atau atas. Keluaran suara dari speaker ini sangat terasa sekali bedanya. Kita jangan mencampur aduk tipe-tipe dari speaker. Misalkan untuk low pakai speaker mahal dan mid high memakai speaker kelas biasa. Nantinya suara tidak seimbang.

    Untuk box speaker, bisa kita buat sendiri untuk menghemat biaya. Banyak skema-skema dan ukuran box speaker di internet. Tinggal sesuaikan saja dengan selera kita.
  4. Yang keempat adalah mixer. Mixer ini ada yang kelas rangkaian sendiri (mixer jowo), mixer builtup kelas rendah, menegah dan atas. Kalau bisa usahakan tidak memakai mixer builtup kelas rendah. Sekarang ini banyak mixer bermerek yang ternyata kw. Kalau dana belum mencukupi ya bisa pakai mixer jowo dulu. Setelah ada dana baru beli mixer builtup yang agak bagus.Mixer built up kw hasil suaranya beda tipis dengan mixer jowo.
  5. Yang ketiga power amplifier. Power amplifier yang paling mahal adalah yang untuk bas/sub. power  ini memang harus perkasa karena memang kerjanya berat. Untuk power merakit sendiri juga bisa asalkan anda sudah paham dengan sistem arus suara.
  6. Yang keempat adalah asesoris. Untuk sound system, minimal ada asesoris crossover. Crossover ini membagi nada low, mid, dan high.

Demikianlah artikel tentang hal yang diutamakan dalam membuat soundsystem agar pembelanjaan bisa maksimal dan hasil tidak mengecewakan. Semoga bermanfaat.