Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Servis Ampli TOA Daya Besar

Pengalaman Servis Ampli TOA Daya Besar - Ampli TOA adalah sebuah rangkaian amplifier model OTL. Paling umum digunakan untuk masjid dan musholla. Yang terbaru ampli ini juga digunakan oleh perangkat desa terutama kepala dusun guna untuk pengumuman kepada warga kalau ada sesuatu yang harus disampaikan ke masyarakat.

Ciri khas dari ampli toa adalah dia selalu menggunakan trafo ot sebagai penguat akhir dan bisa dihidupkan menggunakan baterai accu (aki). Dua ciri ini sebenarnya saling berhubungan. Hubungan ini akan saya muat dalam artikel tersendiri.

Komponen-komponen yang digunakan pada ampli toa adalah komponen yang berkualitas sehingga ampli ini jarang rusak. Biasanya kerusakan terjadi karena salah dalam tata pemasangan karena keterbatasan pengetahuan si pemasang yang biasanya dilakukan oleh pengurus masjid atau musholla.

Dari beberapa kerusakan ampli yang saya tangani, paling sering terjadi adalah hanya sekringnya saja yang putus. Kalau sekringnya putus usahakan diganti dengan yang aslinya saja. Jangan disambung sendiri karena kalau ada masalah beresiko terbakarnya komponen lain.


Untuk ampli toa yang berdaya besar, ada kalanya dioda nya yang mati / short. Saya sudah beberapa kali mengalami. Ketika sekring putus dan diganti selalu putus. Ternyata dioda nya mati konslet sehingga arus sekunder dari trafo lisrik balik arah.

Daleman Ampli Toa

Tapi kerusakan ini biasanya hanya terjadi pada ampli ota dengan watt yang besar dan saya belum pernah mengalami pada ampli toa dengan watt yang kecil.


Dioda yang biasanya digunakan adalah dioda kotak yang sudah terdapat tatakan pendingin seperti ini:

Penggantian Dioda

Jika dioda seperti gambar diatas konslet dan sekring sambungan sendiri sehingga tidak mau putus, maka akan menyebabkan trafo listriknya mendengung keras dan langsung terbakar.

Demikianlah artikel tentang pengalaman menservis ampli toa, semoga bermanfaat.