Komposisi Ukuran Watt Power Amplifier dan Speaker

Komposisi Ukuran Watt Power Amplifier dan Speaker - Arus keluaran dari power amplifier yang masuk ke speaker adalah arus bolak balik (ac). Tidaklah mungkin sebuah power amplifier mampu mengeluarkan daya arus yang full ac. Pasti ada sedikit bocoran yang berbentuk dc, namun bocoran dc ini haruslah sangat kecil. Maksimal 0,50 volt. Jika terlalu besar maka sangat beresiko speaker cepat mati.

Satuan ukur dari arus power amplifier adalah watt. Sebuah power amplifier mengeluarkan besaran watt sesuai spesifikasinya. Dari power amplifier kemudian dimasukkan ke speaker. Sebuah speaker harus mampu menghandel daya watt dari power amplifier. Jika speaker tidak mampu menghendelnya, maka spul/coil speaker akan mati terbakar.


Sebuah speaker juga memiliki spesifikasi maksimal watt yang bisa ditangani oleh speaker tersebut. Maksimal watt dalam spesifikasi sebuah speaker ini adalah kemampuan speaker dalam menghendel daya dari amplifier. Contohnya seperti ini:

Ukuran Watt Power Amplifier dan Speaker


Speaker diatas memiliki kemampuan maksimal 500 watt. Meskipun memiliki kemampuan 500 watt, namun jangan menggunakan power amplifier yang 500 watt pula karena beresiko spul terbakar. Ini bisa terjadi jika dalam men seting nada terjadi distorsi sehingga arus yang keluar lebih dari 500 watt.

Idealnya watt power amplifier harus lebih kecil dari maksimal watt speaker. Ini untuk keamanan kita. Jangan sampai pas digunakan hajatan penting tiba-tiba speaker terbakar. Misalkan speaker kita 500 watt ya kita gunakan power amplifier dengan watt 300 sampai 400 watt.

Tentu saja watt amplifier disini adalah daya watt yang sesungguhnya, bukan hanya kemampuan watt power amplifier yang abal-abal.

Perlu digaris bawahi kalau watt pada power amplifier dan speaker tidak seperti watt listrik atau pln. Karena watt pln ada batas volt yang stabil yaitu 220 volt. Jadi jika listrik 900 watt, digunakan 500 watt, maka masih tersisa 400 wat yang nganggur tidak terpakai. Sedangkan pada power amplifier, misalkan sebuah amplifier 900 watt, speakernya 500 watt, maka watt power amplifier akan menghajar speaker sehingga speaker akan mati terbakar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel