Karakter dan Skema Box Horn Loaded Speaker 18 inch

Karakter dan Skema Box Horn Loaded Untuk Transduser Berkelas - Box speaker ini direkomendasikan untuk transduser/speaker yang bukan kelas murahan. Power amplifier juga harus mumpuni baik power rakitan sendiri maupun power build up. Alasannya adalah:
  1. Bagian belakang speaker menggunakan ruang tertutup tanpa lubang angin. Ini mengakibatkan suara bass yang dihasilkan menjadi power full, padat dan tidak lembek. Speaker yang digunakan harus yang cukup bagus, paling tidak yang harganya 2 jutaan keatas. Kalau speakernya yang harga dibawah 1 juta, sangat beresiko speaker cepat rusak.
  2. Power juga harus bertenaga. Kalau power rakitan sendiri usahakan menggunakan driver yang pakai stepper, Trafonya 20 amper 45 dan 90 volt ct. Elko nya 12 biji 10.000uf/100v. Syukur-syukur powernya build up.


Hentakan nada dep dan gler sangat berasa dari box speaker ini. Bahkan ada yang menjuluki bass batu karena saking kuat hentakannya. Tapi ya itu, asalkan bahan-bahan yang digunakan cukup mumpuni. Usahakan pakai triplek bahan kayu meranti. Kalau adanya triplek biasa, sebaiknya bagian atas dibuat dobel. Sekalian sebagai pembuka boknya karena untuk memasukkan speakrenya, harus lewat atas.

Berikut penampakan skemanya:

Box Horn Loaded


Itulah gambaran dan skema box horn loaded untuk speaker 18 inch. Box ini hampir mirip dengan karya bapak wibisono yang melegenda. hanya ada sedikit perbedaan di ukurannya.