Cara Memainkan Midi atau Song di PC Agar Suara Mantap

Cara Memainkan Midi atau Song di PC Agar Suara Mantap - File midi adalah sebuah file yang berisi instrumen-instrumen musik. Namun dalam file ini tidak berisi nada-nada musik seperti file mp3 atau lainnya, melainkan berisi perintah-perintah untuk memainkan nada-nada tertentu. Jadi hasil suara instrumen-instrumen musiknya hidup dan bisa berubah-ubah karena suara yang dikeluarkan bukan dari file midinya melainkan dari suber file lain.

Lebih jelasnya begini:
  • File midi berisi perintah-perintah untuk memainkan nada-nada tertentu dan nada yang dikeluarkan bukan dari file midi tersebut melainkan dari file lain yang berisi nada-nada musik. Misalnya file midi memerintahkan nada tang, tung, dut. Maka dari sebuah file yang berisi sekumpulan nada-nada musik hanya keluar suara tang, tung, dut sesuai perintah file midi tersebut.
  • Ibarat kata file midi adalah seorang musisi, dia hanya menabuh atau memainkan alat musik. Ketika alat musik dimainkan maka akan mengeluarkan suara. Jadi suara yang keluar bukan dari dari musisinya (file midi), tetapi dari alat musik yang dimainkan (sebuah file yang berisi sekumpulan suara-suara musik).


Ketika sebuah midi di play di pc (komputer/laptop) hasil suaranya sangat standar sekali. Ini karena suara yang keluar berasal dari file bawaan yang ada dalam pc tersebut. Agar suara yang dikeluarkan jadi lebih bagus, mantap dan seperti suara musik aslinya, kita bisa mengganti file bawaan dengan file lain yang sudah dirancang dari hasil rekaman musik asli.

Untuk menggantinya, kita membutuhkan aplikasi atau software pendukung dan file yang berisi nada-nada musik hasil rekaman alat musik yang sudah dikumpulkan dalam sebuah file.

Banyak software pendukung file midi ini yang gratis tanpa harus beli lisensi. Salah satunya adalah coolsoft virtual midi synth. Dan ini yang sangat saya suka daripada software lainnya karena software ini cukup simpel. Berikut gambarnya:

Memainkan Midi atau Song di PC



Pada software ini ada midi mixer. Yaitu pengaturan volume nada-nada tertentu. Misalnya anda belajar main gitar, maka instrumen gitar tinggal di mute. Maka hanya suara gitar yang tidak muncul dan nada-nada lainnya masih tetap ada. Dengan begitu suara gitar dari gitar yang anda mainkan dan suara musik lain tetap dari file midinya.

Memainkan Midi atau Song di PC

Begitulah cara memainkan midi di pc agar suara lebih mantap dan bisa diatur sendiri.