Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Manfaat dan Efek Samping Phantom Power 48v Pada Mixer

Fungsi Manfaat dan Efek Samping Phantom Power 48v Pada Mixer - Pada mixer kelas build-up baik analog maupun digital biasanya dilengkapi dengan phantom power 48v.

Phantom power ini diautur menggunakan tombol on off. Jika di on kan maka jek kanon dari mixer yang ke michrophone akan mengeluarkan arus sebesar 48v dan jika di off kan maka arus ini tidak akan keluar.

Semua jek yang menggunakan phantom power adalah jek kanon atau 3 jalur yaitu 1 (ground), 2 (Inpun +), dan 3 (Input -). Input 2 dan 3 sama-sama mengeluarkan arus phantom ini.

Fungsi Manfaat dan Efek Samping Phantom Power 48v

Phantom power ini terkadang dibilang power hantu karena dibilang ada nyatanya tidak ada dan dibilang tidak ada nyatanya ada arusnya. Sebenarnya arus ini memang ada sebesar 48 volt namun ampernya sangatlah kecil sehingga kalau dikonsletkan ke ground tidak menimbulkan efek apa-apa.

Manfaat Phantom Power

Dari pengamatan admin, fitur phantom power ini paling tidak memberi 3 manfaat yaitu:
  1. Memberi suplai arus utuk mic condensor. Sebagaimana diketahui kalau mic condensor tidak bisa berbunya kalau tidak diberi arus suplay. Kalau menggunakan mixer yang sudah ada phantomnya, suplay arus mic kondensor bisa mengambil dari phantom ini. Admin sendiri mempunyai 3 buah mic condensor yang asalnya harus dikasih baterai, tetapi tidak admin kasih baterai karena sudah menggunakan phantom power ini.
  2. Untuk mensuplay pre-amp mic kecil-kecilan. Ini juga sering admin lakukan. Ketika kita butuh mic banyak dan chanel mixer kita terbatas, kita bisa mengakalinya dengan membuat pre-amp mic kecil. Misalnya 3 atau 4 input. Jadi dari 1 chanel mixer yang ada phantomnya kita masukkan ke kotak kecil yang didalamnya kita kasih beberapa rangkaian pre-amp mic. Jadi 1 chanel mixer sudah dapat beberap mic sesuai jumlah pre-amp mic yang kita buat. Arus untuk pre-amp mic ini bisa kita ambilkan dari arus phantom power.
  3. Untuk lampu led. Misalkan kita menggunakan microphone duduk yang ada lampunya, arusnya bisa kita ambilkan dari phantom ini.
Itulah beberapa manfaat dari phantom power. Kemudian apa efek dari phantom power ini. Hanya ada satu efek samping dari phantom power ini. Yaitu ketika kita menggunakan mic spul biasa dan kita lupa tidak mematikan phantom power ini. Akibarnya suara mic menjadi cempreng dan berat karena kemasukan arus 48v.

Micophone spul itu kan sama seperti speaker, hanya saja impedasinya tinggi. Jadi ketika mic spul kemasukan phantom power, maka spul akan menjorok keluar atau kedalam sesuai min plus arus yang diterima.

Spul ini akan menegang dan tidak lentur sehingga suara menjadi cempreng. Tapi hal ini tidak merusak spul karena kalau phantom power sudah di off kan, maka mic akan berbunyi seperti biasa.

Berlangganan via Email