Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Kurangi Feedback Nging Pada Soundsystem

Cara Ampuh Kurangi Feedback Nging Pada Soundsystem - Suara feedback adalah suara yang berputar pada tata soundsystem kita. Jadi suara ini berasal dari suara speaker yang masuk kembali ke michrophone kemudian masuk ke mixer, ke asesoris, ke amply dan kemudian keluar dari speaker kemudian masuk kembali ke michrophone. begitu terus-menerus.

Suara feedback ini ada empat kategori yaitu nyiit (High), ngiing (mid high), nguung (mid / mid low) dan ngheeng (low). Feedback mungkin mudah diatasi kalau pas acara pidato atau pengajian karena emsi atau pranatacara atau yang sedang berpidato tidak begitu membutuhkan speaker monitor. Monitor bisa diarahkan ke pengunjung saja.

Lain ceritanya kalau sedang menghadapi acara live music. Sudah microphone nya banyak, monitor harus menghadap ke musisi dan suaranya harus keras. Yang paling menjengkelkan adalah sering terjadi feedback ngiing (mid high).


Penyebab pertama adalah mic vocal. Ketika suara music beriringan tentunya suara vocal penyayi harus dominan, pedas dan lantang. Kalau suara vocal serasa tenggelam dalam music tentunya akan di komplain penyanyiya.

Kedua adalah mic kendang tang pada live dangdut. Suara tang juga harus renyah tapi pedas agar musik enak didengar. Bahkan mungkin lebih sulit menseting tang yang renyah dan pedas daripada menseting vocal. Apalagi group musiknya kelas biasa yang alat musikya kelas murahan.

Untuk mengurangi feedback tidak mungkin hanya dengan menseting mixernya saja kecuali mixernya mixer digital atau peralatan kita built-up semua. Kalau mixernya analog dan peralatan kita sebagian adalah rakitan, kita tidak bisa mensetel hingga mendapatkan suara yang pedas karena kalau di seting hingga suaranya pedas, otomatis akan menyebabkan feedback. Ini karena panel pengaturan nada pada mixer terbatas.

Untuk mengurangi nging, kita wajib menggunakan equalizer. Sebenarnya penyebab suara nging ini adalah hanya terfokus pada titik frekuensi tertentu saja. Dengan equalizer kita bisa memotong frekuensi penyebab nging tersebut. Memotongnya jangan menggunakan dua atau tiga panel melainkan hanya satu panel saja. Karena kalau lebih dari satu panel akan menyebabkan suara cacat.

Caranya cukup mudah. Kita bisa bereksperimen dirumah atau saat cek sound sebelum acara dimulai. Kita nyalakan semua, suara tidak terlalu keras kemudian kita seting equalizer sampai suara enak.


Kurangi Feedback Soundsystem

Kemudian kita keraskan volume monitor. Maka akan muncul feedback. Kemudian kita coba turunkan satu panel pada equalizer. Bisa kita coba di sekitar frekuensi 4 khz. Bisa di panel 3 khz atau 4 khz atau 5 khz. Bisa beda-beda untuk setiap kasus karena karakter soundsystem bisa berbeda-beda.

Kurangi Feedback Soundsystem

Maka suara nging akan hilang. Pada gambar diatas hanya admin turunkan segitu suara nging sudah hilang. Kalau masih ada sedikit-sedikit bisa diturunkan lagi hingga mentok kebawah. Dan ingat hanya satu panel saja karena kalau lebih dari satu suara kana cacat. Kalau hanya satu tidak akan mempengaruhi suara.

Kalau feedback sudah hilang tentunya mixer bisa kita seting sampai suara sepedas yang kita inginkan.

Berlangganan via Email