Penyebab Bass Kurang menghentak dan Tidak Bisa Jauh

Daftar Isi
Penyebab Bass Kurang menghentak dan Tidak Bisa Jauh - Bagi soundsystem pemula dengan modal pas-pasan tentunya ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Suara bass cenderung hanya gema, beberapa nada berasa bercampur aduk tidak padat menghentak. Akibatnya tentu saja bass tidak bisa lari jauh karena suara seperti ini susah untuk merambat dan melaju lepas.

Sebenarnya apa penyebab semua itu? Disini admin coba untuk membuat gambaran kenapa suara soundsystem kita bisa seperti itu. Penyebabnya tentu saja tidak pada satu titik saja melainkan ada pada beberapa titik yang berkaitan.

Pertama adalah power amplifier

Saya tidak mengatakan power harus builtup karena dengan power rakitan pun sebenarnya suara bisa bagus, bening dan bass nya menghentak. Namun tentu saja bukan power rakitan yang asal-asalan. Power rakitan yang tidak bermutu menjadi penyebab utama suara sounsystem kurang bagus. Misalkan kita hanya menggunakan power ocl 150 watt untuk mengangkat bass. Tentu saja suaranya akan kedodoran karena power ocl cocoknya untuk kelas rumahan saja.


Kedua Adalah Box Speaker

Box speaker memiliki peranan yang sangat penting dalam tata soundsystem kita karena box ini menguatkan suara yang keluar dari speaker. Untuk soundsystem usahakan menggunakan box suoudsystem yang memang dirancang untuk lapangan. Jangan menggunakan box speaker yang sembarangan karena box sembarangan bukannya meningkatkan kualitas suara namun justru memperburuk suara yang keluar.

Baca juga:


Ketiga Adalah Asesoris

Khusus untuk asesoris ini usahakan menggunakan yang keluaran pabrikan (builtup). Paling tidak mixer nya builtup walaupun equalizer dan atau krosovernya buatan sendiri. Asesoris ini juga berperan penting karena komponen-komponen yang ada didalamnya inilah yang mengatur frekuensi-frekuensi nada yang masuk me power amplifier.

Keempat Adalah Penyetelan

Penyetelan yang kurang pas akan menyebabkan suara yang keluar kurang enak di dengar. Ini karena frekuensi nada tertentu tidak melaju pada frekuensi yang seharusnya. Akibatnya nada menjadi hambar.

Itulah sedikit gambaran kenapa bass pada soundsystem kita kurang menghentak dan tidak bisa lair jauh. Semoga bermanfaat.