Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Servis Laptop Rusak Ringan

Cara Servis Laptop Rusak Ringan - Artikel ini admin tulis berdasarkan pengalaman servis pada laptop milik teman admin yang baru sekitar 3 bulanan yang mati tidak bisa hidup sama sekali. Laptop dengan merk acer aspire es1-331. Laptop ini bukannya digaransikan malah di serahkan ke admin untuk menservisnya karena biasanya proses ribet dan bertele-tele.

Terus terang admin belum pernah menservis laptop. Kalau buka laptop sih sering dan hanya membersihkan saja dari debu dan kotoran yang menyumbat kipas sehingga menyebabkan over heat. Pada kasus ini admin sedikit bingung bagian mana yang harus di servis.


Berbekal sedikit pengetahuan admin tentang elektronik admin pun mencoba menganalisa kerusakan apa yang terjadi. Pertama charger laptop admin tes arusnya, hasilnya normal. Admin tancapkan ke laptop namun tidak ada reaksi apa-apa. Admin coba cabut charger dan kembali admin tes. Ternyata arusnya tidak ada.

Admin cabut listriknya dan tancapkan lagi, ternyata arusnya kembali ada. Coba tancapkan lagi ke laptop, tetap saja tidak ada reaksi. dan ternyata ketika ditancapkan ke laptop arusnya langsung hilang. Ini artinya pada laptop terjadi short atau konslet.

Langsung saja admin buka laptopnya dan coba telusuri jalurnya. Dari jalur charger terdapat 2 buah kotak kecil yang menghubungkan arus + ke ground, ini biasanya admin kenal dengan nama keramik/kondensator. Dan ada lagi sebuah dioda yang entah apa jenisnya, kemungkinan besar adalah dioda zener.


Servis Laptop Rusak

Admin tes antara jalur + dan ground, hasilnya tidak terjadi short. Iseng admin lepas dioda tadi. setelah terlepas admin tes dioda ini dan hasilnya ada sedikit short bolak balik pada dioda ini. Admin coba tancapkan charger ke laptop dan hasilnya beberapa saat kemudian lampu baterai pada laptop menyala. Ini artinya arus bisa masuk ke laptop dan mencharger baterai dalam laptop.

Admin coba nyalakan laptop dan benar saja, laptop hidup dengan normal. Kemudian admin tutup laptop. Diodanya tidak admin ganti karena tidak tau jenis dan serinya. Namun hasilnya sudah seminggu lebih laptop normal, aman terkendali.

Berlangganan via Email