Cara Perbaiki Layar Spedometer Digital pada Sepeda Motor

Daftar Isi
Cara Perbaiki Layar Spedometer pada Sepeda Motor - Kalau dulu spedometer pada motor atau mobil menggunakan angka manual yang berputar.

Seiring perkembangan jaman, sebagian atau semua panel-panel spedometer ini diganti dengan display layar digital. Dengan digantinya angka manual ke display digital tentunya menambah tampilan lebih elegan.

Kalau display pada mobil tentunya tidak ada kendala karena posisi spedometer mobil berada didalam mobil sehingga terlindung dari panasnya terik matahari.

Berbeda dengan display spedometer motor yang posisinya berada di luar yang secara langsung terkena panas sinar matahari. Karena panas matahari ini lama kelamaan display spedometer menjadi rusak karena memang bahannya terbuat dari plastik.

Artikel ini admin tulis berdasarkan pengalaman pada sepeda motor milik admin yaitu supra x 125 new tahun 2008. Pada motor ini angka kilometer dan display bahan bakar menggunakan layar display. Dan layar display ini rusak menghitam dan megelupas sehingga tidak bisa di baca.

Kalaulah angka kilometer tidaklah begitu saya persoalkan, namun display bahan bakar yang tidak terbaca ini sangat menganggu karena sangat penting untuk mengetahui sisa bahan bakar yanga ada dalam tangki. Kerusakan layar display nya seperti ini:

Perbaiki Layar Spedometer Digital Sepeda Motor

Saya buang lapisan paling luar yang menghitam dan admin bersihkan, namun angka malah tidak terlihat sama sekali seperti ini:

Perbaiki Layar Spedometer Digital Sepeda Motor

Ternyata layar silver yang membedakan warna hitam dan putih pada layar ini berada diluar, yaitu lapisan yang menghitam tadi. Saya kira layar ini seperti pada layar kalkulator dimana lapisan silver pembeda warna hitam putih ada di bagian bawah.

Untuk memunculkan angka pada display ini tentunya saya harus mencari lapisan pengganti agar angka bisa muncul kembali.

Berbekal sedikit pengetahuan tentang layar seperti ini, saya siasati dengan menggunakan lapisan yang ada pada hp jadul yang sudah rusak tidak terpakai. Saya ada bekas hp nokia 7210 yang sudah rusak. Saya bongkar layarnya. Pada layar hp ini terdapat beberapa lapisan.

Perbaiki Layar Spedometer Digital Sepeda Motor

Saya coba satu persatu dan benar saja, akhirnya angka pada pada layar spedometer bisa muncul kembali. Pada lapisan layar hp ini ada dua lapisan yang bisa digunakan.

Pemasangannya juga tidak boleh terbalik. Kalau terbalik, maka angka malah berwarna putih dan yang bukan angka berwarna hitam. Kalau posisi pas, angka berwarna hitam dan yang bukan angka berwarna putih.

Berikut layar spedometer yang sudah jadi. Posisi di kegelapan:

Perbaiki Layar Spedometer Digital Sepeda Motor

Tampilan pada posisi terang seperti ini:

Perbaiki Layar Spedometer Digital Sepeda Motor

Itulah artikel tentang cara memperbaiki layar spedometer rusak pada sepeda motor. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.