Box Speaker Ideal Untuk Power Rakitan

Daftar Isi
Box Speaker Ideal Untuk Power Rakitan - Power rakitan atau lebih familiar disebut power jowo adalah power buatan sendiri. Maksud buatan sendiri disini adalah bisa jadi kita membuat atau merangkai sendiri sebuah power atau kita membeli jadi dari seseorang dimana orang tersebut membuatnya sendiri. Intinya power rakitan adalah power yang bukan buatan pabrik.

Sangat jelas kalau power rakitan kualitasnya dibawah power pabrikan atau yang sering disebut power built up. Karena power rakitan adalah kelasnya sound system kelas menengah kebawah yang dananya pas-pasan sehingga memilih power rakitan dengan alasan harganya jauh lebih murah.


Walaupun dengan kualitas dibawah power built up, pengguna power rakitan tidak perlu berkecil hati. Karena dengan memaksimalkan perangkat yang ada, suara yang dihasilkan bisa hampir mengimbangi power kelas built up. Salah satu cara memaksimalkan perangkat adalah dengan memilih box speaker yang sesuai.

Box Speaker Ideal Untuk Power Rakitan

Seperti yang kita tau kalau power rakitan tenaganya dibawah power built up. Oleh karena itu box speaker yang kita gunakan juga harus menyesuaikan diri. Jangam memaksakan menggunakan box yang aneh-aneh karena nantinya suaranya menjadi kurang bagus. Misalnya menggunakan box yang speakernya tidak kelihatan seperti box w-bin, hd 15, dan lainnya. Tentu saja suaranya tidak akan sesuai dengan yang kita inginkan.


Untuk power rakitan, usahakan menggunakan box speaker yang speakernya kelihatan. Kita tidak perlu malu, yang penting suara memuaskan. Kita bisa menggunakan box-box biasa seperti planar, mini scoop, super scoop, hog scoop, dan lain-lain.

Box speaker sebaiknya dilapisi dengan bahan yang kuat. Kalau ada dana bisa dilapisi resin. Kalau dana mepet bisa menggunakan semen putih dicampur lem kayu. Lem kayunya di kasih yang banyak agar tidak mudah retak. Percaya atau tidak, pelapis semen itu lebih bagus daripada resin. Ini karena semen lebih keras daripadak resin sehingga getaran box lebih bisa teredam. Hanya saja pelapis semen mudah retak kalau terkena benturan.

Usahakan jangan melapisi box dengan karpet karena sebenarnya pelapis karpet hanya mempercantik tampilan namun tidak menambah bagusnya suara. Dan juga box speaker kita langsung di cat tanpa pelapis karena pelapis ini dibutuhkan untuk meredam getaran suara.