Cara Pasang Central Lock Universal

Cara Pasang Central Lock Universal - Central lock adalah adalah sistem pengunci mobil secara elektrik. Artinya kunci pintu mobil tidak hanya bisa dikunci dengan kunci kontak ataupun menekan pelatuk kunci, melainkan bisa juga di kunci dengan saklar maupun remot.

Pada mobil keluaran baru bisanya sudah di lengkapi dengan central lock, walaupun beberapa mungkin belum ada central locknya. Kalau mobil tua rata-rata belum ada centra locknya, kalaupun sudah ada itu sudah dipasang sendiri dan bukan asli dari pabriknya.

Untuk mobil yang belum ada central locknya, kita bisa memasangnya sendiri dengan central lock universal. Harganya relatif murah. Central lock universal bisa berbentuk central lock saja. Artinya hanya central lock dengan saklar, atau bisa ditambah remot.

Bahan atau Kebutuhan Komponen Central Lock

Untuk memasang central lock, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  1. Motor central lock
  2. Baut
  3. Penyambung ke pelatuk
  4. Kabel
  5. Kotak kontrol Relay
pasang central lock
Jumlah motor disesuaikan dengan jumlah pintu mobil, kalau mobilnya pickup tentunya hanya butuh dua motor saja. Motor ini ada dua jenis, yaitu motor 5 kabel dan motor 2 kabel.

Motor 5 kabel dipasang khusus pada pintu kanan depan (pintu sopir) karena motor 5 kabel meng handle motor-motor lain. Artinya kalau pelatuknya ditarik atau didorong, maka motor-motor lain otomatis ikut menarik dan mendorong.

Proses Merakit Central Lock

Untuk memasang motor central lock, pertama buka tutup bagian dalam pada pintu mobil. Gambarnya seperti ini:

pasang central lock

Kemudian pasang motor dan kemudian dibaut seperti ini:

pasang central lock

Kemudian baut motor yang bawah di pasang klem seperti ini:

pasang central lock

Motorpun sudah terpasang dengan sangat kuat. lepaskan kembali motornya. Selanjutnya pelatuk motor disambungkan ke pelatuk lock pintu mobil. Caranya seperti gambar dibawah ini:

pasang central lock

Posisi baut pelatuk lock pintu dikencangkan, sementara baut yang dapat pelatuk motor jangan terlalu kencang. Kemudian pasangkan motor pada tempat tadi.

Kemudian di pas kan posisinya, kalau posisi pelatuk lock turun, posisi pelatuk motor juga turun dan kalau posisi pelatuk lock naik, posisi pelatuk motor juga harus naik. Setelah itu kencangkan semua bautnya.

Pemasangan motor selesai. Pasang semua motor pada semua pintu seperti cara diatas. Setelah itu sambungkan kabelnya. Kabel motor pada pintu utama ada 5 yaitu hijau, biru, coklat, putih, hitam.

Sedangkan pada motor lainnya kabelnya dua, yaitu hijau dan biru. Menyambungnya jangan sampai terbalik, kalau terbalik maka posisi lock akan berlawanan. Artinya ketika di lock, kabel yang terbalik malah pada posisi open.

pasang central lock

Setelah penyambungan kabel motor selesai, kemudian sambungkan ke kotak relay. Tinggal ditancapkan saja. Dari soket masih tersisa 4 helai kabel yaitu merah, hitam, putih dan coklat.

Kabel merah silahkan disambungkan ke arus + dari aki, kemudian kabel hitam disambungkan ke ke arus - dari aki atau disambungkan ke body mobil. Kabel putih dan coklat fungsinya adalah untuk saklar.

pasang central lock

Jalur skema penyambungan kabel seperti gambar dibawah ini:

pasang central lock

Seperti itulah cara memasang central lock universal untuk mobil yang belum ada central locknya. semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel